Cara Custom Domain Untuk Ip Cloud Mikrotik

Aktifkan DDNS/IP Cloud Mikrotik dengan menceklisnya, IP Address yang tertera di Public Address harus sesuai dengan IP Address yang tertera di modem dan whatismyip, apabila tidak sesuai anda bisa mengklik tombol Force Update sampai Public Address berubah atau juga anda juga bisa mengetikkan perintah di New Terminal

/ip cloud force update



Mungkin muncul masalah lagi masalah baru kita menggunakan nama DNS yang diberikan oleh mikrotik, "nama domainnya susah di ingat"

Agar nama DDNS nya lebih mudah di ingat, kita perlu agak bermodal dikit dengan membeli nama domain TLD. Jika anda sudah mempunyai layanan hosting domain perusahaan atau personal, kita bisa menambahkan CNAME Record pada settingan DNS hosting kita. Misalnya kita akan memberikan nama domain vpn.computersolusindo.com untuk router Mikrotik kita.



Login ke cpanel domain anda
  • Menu "Kelola DNS" pada bagian Domain.
  • Pada kolom Nama Host isi dengan nama vpn anda contoh "vpn.computersolusindo.com" pada bagian Jenis Record "CNAME" pada bagian alamat isi dengan domain yang diberikan IP Cloud Mikrotik. kemudian pada bagian TTL "14400".
Apapun Domain / Hosting panel Anda, hanya perlu membuat CNAME Record di domain berbayar Anda.

Sekarang anda mempunyai domain router mikrotik yang mudah di ingat (vpn.computersolusindo.com).